Tips One Day One Juz



One Day One Juz


Sebelumnya pengenalan terlebih dahulu apa itu Komunitas One Day One Juz, Komunitas ODOJ Ini merupakan komunitas bagi para pencinta Al-Quran yang diwajibkan kita untuk Tilawah Al-Quran setiap hari satu hari minimal Satu Juz. 

Hadist Rasulullah SAW
Dari Abu Amamah ra, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al Qur’an karena sesungguhnya ia akan menjadi syafa’at bagi para pembacanya di hari kiamat”( H.R Muslim )

Apabila teman-teman ingin lebih lanjut dalam mencari informasi tentang ODOJ (One Day One Juz) bisa kunjungi odoj link


Tips

  • Bertilawah sediki-sedikit tapi rutin

Jurus ini mudah digunakan kapan aja dan dimana aja, jika ada waktu kosong walaupun itu hanya beberapa menit kita gunakan sebaik-baiknya dengan membaca Al-Quran. Alangkah baiknya jika kita membeli mushaf saku yang bisa kita bawa kemana aja. Jadi apabila kita memiliki waktu diluar kesibukan kita, kita manfaatkan sebai-baiknya dengan membaca Al-Quran. Target sehari tetap yaitu 1 Juz. 
  • Bertilawah dengan dibagi 5 waktu ba'da sholat wajib

Merutinkan membaca Al-Quran setelah sholat wajib Shubuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Dengan membaca sekitar 2 lembar atau 4 halaman setelah sholat maka InshaaAllah setelah ba'da Isya kita telah menyelesaikan 1 Juz. Lebih baik jika ditambah sholat Dhuha 4 rakaat dan setelah itu dilanjutkan bertilawah Al-Quran. 
  • Bertilawah dengan dibagi 2 waktu ba'da sholat shubuh dan maghrib


Ba'da Sholat Shubuh dan Ba'da Sholat Maghrib adalah waktu yang baik untuk membaca Al-Quran, 2 waktu tersebut digunakan untuk membaca Al-Quran sebanyak 5 lembar atau 10 halaman tiap waktu. 
  • Bertilawah pacu

Jurus ini sering digunakan bagi kawan-kawan ODOJ, bertilawah tanpa henti sebelum mencapai target 1 Juz. Waktu yang baik untuk menerapkanya bisa pada Ba'da Maghrib sampai adzan Isya, ba'da sholat shubuh sebelum melaksanakan aktivitas, atau sebelum tidur. 

Sekian dulu sedikit tips dari kami, Jangan sampai kesibukan dunia fana' yang sifatnya hanya sementara ini menggantikan posisi Akhirat yang Nyata dan Kekal, Semoga kita dimudahkan oleh Allah SWT dalam melaksanakan salah satu Ibadah yang paling dicintai-Nya yaitu membaca Al-Quran.
sumber gambar:  link
Previous
Next Post »